Untuk Kesehatan Jantung, Ini 5 Makanan Penurun Kolesterol Secara Alami

AKURAT JAKARTA - Kini semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh mereka.
Kebanyakan dari mereka mencari solusi alami untuk mencapai tujuan tersebut.
Dilansir dari beberapa sumber pada Kamis, 5 Oktober 2023, berikut adalah lima makanan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara alami:
1. Almond
Almond, dengan 9 gram lemak tak jenuh tunggal per segenggamnya, adalah pilihan yang baik.
Ini membantu mengurangi kolesterol jahat sambil meningkatkan jenis lemak baik.
Menggantikan camilan dengan almond bisa mengurangi kolesterol jahat hingga 10 persen.
Sementara vitamin E dan flavonoid dalam almond juga membantu mencegah penyumbatan arteri.
2. Alpukat
Penelitian di Instituto Mexicano del Seguro Social di Meksiko menunjukkan bahwa mengonsumsi satu buah alpukat per hari selama seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 17 persen.
Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal "baik" dan beta-sitosterol yang membantu memotong kolesterol.
3. Tomat
Dalam penelitian terbaru, konsumsi tujuh porsi atau lebih tomat per minggu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 30 persen.
Tomat mengandung antioksidan likopen, vitamin C, potasium, dan serat.
Memasak tomat lebih lama juga meningkatkan kandungan likopen yang bermanfaat untuk tekanan darah.
4. Salmon
Salmon adalah raja ikan berlemak dengan kandungan omega-3 penting, seperti EPA dan DHA, yang membantu mengurangi risiko detak jantung tidak berirama.
Salmon juga mengurangi kolesterol jahat, meredakan peradangan, dan mencegah pembentukan bekuan darah.
Baca Juga: Mau Nonton Konser Catatan Cinta? Masih Ada Waktu Beli Tiket Secara OTS. Begini Caranya.
5. Oatmeal
Betaglucan, serat larut dalam oatmeal, mengikat asam empedu kaya kolesterol di usus dan menghilangkannya, menghasilkan kadar LDL yang lebih rendah.
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi satu porsi besar oatmeal per hari dapat mengurangi kolesterol tambahan sekitar 2-3 persen (setara dengan 1-1/2 cangkir).
Dengan menambahkan makanan-makanan ini ke dalam pola makan sehari-hari, kita dapat memberikan kontribusi positif untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol secara alami.
Tetaplah mengikuti informasi kesehatan terbaru untuk memastikan gaya hidup yang sehat dan aktif. (*)
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Berita Terkait
Berita Terkini




Terpopuler
- 1Prediksi Skor Rumania vs Wales, 7 Juni 2026: Misi Akhiri Paceklik Kemenangan
- 2Prediksi Skor Denmark vs Ukraina, 7 Juni 2026: De Rod-Hvide Bidik Kebangkitan di Odense
- 3Prediksi Skor Arab Saudi vs Puerto Rico, 6 Juni 2026: Kesempatan Falcons Kembali ke Jalur Kemenangan
- 4Prediksi Skor Georgia vs Bahrain, 5 Juni 2026: Crusaders Ingin Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan
- 5Daftar 15 Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs Mozambik di Jabodetabek pada FIFA Matchday Hari Ini, Selasa 9 Juni 2026
- 6Prediksi Skor Yunani vs Italia, 8 Juni 2026: Ujian Berat Generasi Baru Azzurri
- 7Daftar 33 Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs Oman di Jakarta dalam FIFA Matchday 2026 Hari Ini, Yuk Dukung Garuda!
- 8Prediksi Skor Slovakia vs Montenegro, 5 Juni 2026: Duel Sengit di Kosicka
- 9Ancol Sunset Sound: Cara Baru Menikmati Sunset di Jakarta Lewat Musik, Pantai, Kuliner, dan Staycation
- 10Dorong Pola Hidup Sehat dan Ekonomi Lokal, Bupati Tangerang Lepas Fun Run 5K Komunitas Wisata Kreatif 2026





