Jakarta

Tak Banyak yang Tahu, 8 Makanan Ini Disebut Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Anggerhana Denni Rahmawati | 12 Mei 2026, 10:30 WIB
Tak Banyak yang Tahu, 8 Makanan Ini Disebut Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker
Makanan yang dipercaya bisa membantu mencegah perkembangan sel kanker.

AKURAT JAKARTA - Menjaga pola makan sehat ternyata bukan hanya membantu tubuh tetap bugar, tetapi juga dapat berperan dalam menurunkan risiko berbagai penyakit serius, termasuk kanker.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis makanan mengandung senyawa alami yang dipercaya mampu membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

Mulai dari buah-buahan hingga ikan berlemak, semuanya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Meski begitu, para ahli tetap mengingatkan bahwa makanan sehat bukan pengganti pengobatan medis, melainkan bagian dari gaya hidup sehat untuk mendukung kesehatan jangka panjang.

Karena itu, penting bagi kamu untuk memahami jenis makanan apa saja yang memiliki potensi tersebut.

Berikut daftar makanan yang dipercaya memiliki potensi membantu mencegah perkembangan sel kanker:

1. Apel

Apel mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan antikanker.

Baca Juga: Soto Hangat dan Cafe Latte di Tengah Sawah? Hidden Gem Kuliner Klaten Ini Bikin Penasaran

Penelitian dalam Journal of Food and Drug Analysis (JFDA) menemukan bahwa phloretin pada apel mampu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara tanpa merusak sel sehat.

2. Buah Beri

Buah beri seperti bilberry dan lingonberry kaya vitamin, mineral, dan serat.

Studi dalam jurnal Antioxidants menunjukkan bahwa buah beri dapat membantu menghambat pembentukan tumor dan pertumbuhan sel kanker di saluran pencernaan.

Halaman:
Bagikan:
  • Share to WhatsApp
  • Share to X (Twitter)
  • Share to Facebook

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.