Hati-hati! Tiga Kebiasaan Saat Minum Kopi Ini Bisa Bikin Bahaya Mengintai Tubuhmu

AKURAT JAKARTA - Kebiasaan minum kopi ternyata tidak selalu aman bagi tubuh jika kamu tidak memperhatikan cara konsumsinya.
Tiga kebiasaan sepele saat menikmati kopi justru bisa membuat tubuh kamu merugi secara kesehatan, apalagi kalau dilakukan setiap hari.
Pecinta kopi wajib tahu bahwa waktu minum, cara penyajian, dan bahan tambahan bisa berpengaruh besar terhadap manfaat atau risiko kopi bagi tubuh.
Baca Juga: Jangan Lewatkan! Tiket ke Jepang Hanya Rp3 Jutaan di HSBC ANA Travel Fair 2025
Meskipun kopi menawarkan banyak keuntungan seperti meningkatkan fokus dan energi, kebiasaan yang salah justru bisa merusak pola tidur, memicu kolesterol, bahkan meningkatkan risiko obesitas.
Yuk, kenali apa saja kebiasaan minum kopi yang perlu kamu ubah sebelum menyesal!
1. Minum Kopi di Sore atau Larut Malam
Baca Juga: Dari BTS Sampai Dua Lipa, Ini 5 Lagu Upbeat Biar Weekend Kamu Makin seru
Mengonsumsi kopi terlalu sore atau menjelang malam dapat mengganggu kualitas tidur kamu.
Efek kafein bisa bertahan cukup lama dalam tubuh dan membuat kamu susah tidur.
Berdasarkan penelitian dari NCBI, disarankan untuk tidak mengonsumsi kafein setidaknya 6 jam sebelum waktu tidur.
Baca Juga: Stop Andalkan Obat! Ini 4 Cara Alami Cegah Maag Kambuh
Ahli gizi Melissa Prest bahkan menyarankan untuk berhenti minum kopi setelah pukul 2 siang dan beralih ke versi decaf jika tetap ingin menikmati kopi di sore hari.
2. Konsumsi Kopi Tanpa Filter Secara Rutin
Kopi seperti yang disajikan dengan french press, kopi Turki, atau espresso, memang punya rasa kuat, tapi juga mengandung senyawa kahweol dan cafestol yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).
Baca Juga: Festival Marunda 2025: Wisata Gratis yang Edukatif, Menghibur, dan Menggerakkan Warga
Dalam jangka panjang, ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.
Melissa menyarankan agar kamu memilih kopi dengan filter kertas untuk konsumsi harian, dan simpan kopi tanpa filter untuk sesekali saja.
3. Terlalu Banyak Menambahkan Pemanis
Baca Juga: Empat Kebiasaan Sepele Ini Bisa Cegah Ambeien, Sudah Kamu Lakukan?
Menambahkan gula atau pemanis buatan dalam jumlah besar dapat mengurangi manfaat sehat dari kopi.
Studi dalam jurnal Nutrition, Metabolism and Cardiovascular Diseases mengungkapkan bahwa konsumsi gula berlebih bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan meningkatkan risiko obesitas.
Sebaiknya kamu mengganti gula dengan pemanis alami seperti madu, stevia, atau sirup kurma dalam jumlah wajar.
Baca Juga: Bioskop Ramai Lagi! Ini Deretan Film Seru yang Bakal Tayang Agustus 2025
Sudah waktunya kamu lebih bijak dalam menikmati kopi.
Dengan memperbaiki cara konsumsi, kamu tetap bisa menikmati kenikmatan kopi sekaligus menjaga kesehatan tubuh. (*)
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Berita Terkait
Berita Terkini




Terpopuler
- 1Prediksi Skor Rumania vs Wales, 7 Juni 2026: Misi Akhiri Paceklik Kemenangan
- 2Prediksi Skor Denmark vs Ukraina, 7 Juni 2026: De Rod-Hvide Bidik Kebangkitan di Odense
- 3Prediksi Skor Arab Saudi vs Puerto Rico, 6 Juni 2026: Kesempatan Falcons Kembali ke Jalur Kemenangan
- 4Prediksi Skor Georgia vs Bahrain, 5 Juni 2026: Crusaders Ingin Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan
- 5Daftar 15 Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs Mozambik di Jabodetabek pada FIFA Matchday Hari Ini, Selasa 9 Juni 2026
- 6Prediksi Skor Yunani vs Italia, 8 Juni 2026: Ujian Berat Generasi Baru Azzurri
- 7Daftar 33 Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs Oman di Jakarta dalam FIFA Matchday 2026 Hari Ini, Yuk Dukung Garuda!
- 8Prediksi Skor Slovakia vs Montenegro, 5 Juni 2026: Duel Sengit di Kosicka
- 9Ancol Sunset Sound: Cara Baru Menikmati Sunset di Jakarta Lewat Musik, Pantai, Kuliner, dan Staycation
- 10Dorong Pola Hidup Sehat dan Ekonomi Lokal, Bupati Tangerang Lepas Fun Run 5K Komunitas Wisata Kreatif 2026





