Jangan Asal Minum, Catat Tips Minum Kopi di Pagi Hari Untuk Cegah Diabetes hingga Memelihara Kesehatan Jantung Menurut Ahli

AKURAT JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru menerangkan tentang manfaat minum kopi di pagi hari jika diminum dengan cara yang benar.
Sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Suzhou Medical College di Tiongkok, studi ini menganalisis data dari UK Biobank, yang mencakup lebih dari 500.000 peserta berusia 37 hingga 73 tahun.
Para peneliti mengamati orang-orang yang bebas dari penyakit kardiometabolik apa pun pada awal studi, menghasilkan ukuran sampel sebesar 172.315 untuk analisis kafein dan 188.091 untuk konsumsi kopi.
Baca Juga: 9 Penyakit yang Bisa Diatasi atau Dicegah dengan Mengonsumi Kopi
Dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi, mereka yang mengonsumsi tiga cangkir kopi setiap hari, setara dengan sekitar 200 hingga 300 miligram kafein, mengalami penurunan risiko terkena CM sebesar 48,1%.
Bahkan mereka yang mengonsumsi kafein dalam jumlah sedang mengalami penurunan risiko sebesar 40,7%.
Studi tersebut menyimpulkan bahwa konsumsi kopi atau kafein secara teratur dikaitkan dengan risiko lebih rendah terjadinya CM baru.
Baca Juga: Tak Hanya Sekedar Teman Begadang, Ini Segudang Manfaat Minum Kopi untuk Tubuh
Selain itu, para peneliti menemukan bahwa konsumsi kopi atau kafein dalam jumlah sedang dikaitkan secara terbalik dengan hampir semua tahap perkembangan penyakit kardiometabolik.
Temuan ini berarti bahwa kopi memiliki potensi manfaat bagi kesehatan jantung dan dapat membantu mencegah perkembangan berbagai kondisi terkait.
“Mengonsumsi tiga cangkir kopi, atau 200 hingga 300 mg kafein, per hari dapat membantu mengurangi risiko berkembangnya multimorbiditas kardiometabolik pada individu tanpa penyakit kardiometabolik apa pun,” kata Chaofu Ke, MD, PhD, penulis utama studi dan peneliti di Suzhou Medical College of Soochow University.
Baca Juga: Apakah Benar Kopi Bisa Membuat Orang Susah Tidur? Simak Penjelasan Ini
“Temuan ini menyoroti bahwa mempromosikan asupan kopi atau kafein dalam jumlah sedang sebagai kebiasaan makan bagi orang sehat mungkin memiliki manfaat yang luas untuk pencegahan CM,” imbuhnya.
Jika Anda ingin mendapatkan manfaat kesehatan maksimal dari minuman pagi Anda, ingatlah tips berikut:
Baca Juga: Pecinta Kopi Merapat! Jogja Coffee Week Bakal Digelar Awal Bulan Depan, Simak Rangkaian Acaranya
Konsumsi secukupnya: Konsumsi hingga tiga cangkir kopi setiap hari untuk membantu meminimalkan efek samping negatif seperti kecemasan, kegelisahan, atau kurang tidur.
Waspadai bahan tambahan: Hindari menambahkan terlalu banyak gula atau krim, karena dapat menetralkan potensi manfaat kesehatan dari kopi.
Sebaliknya, pertimbangkan alternatif yang lebih sehat seperti susu murni, susu non-susu, atau sedikit kayu manis. (*)
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi.
Berita Terkait
Berita Terkini




Terpopuler
- 1Prediksi Skor Rumania vs Wales, 7 Juni 2026: Misi Akhiri Paceklik Kemenangan
- 2Prediksi Skor Denmark vs Ukraina, 7 Juni 2026: De Rod-Hvide Bidik Kebangkitan di Odense
- 3Prediksi Skor Arab Saudi vs Puerto Rico, 6 Juni 2026: Kesempatan Falcons Kembali ke Jalur Kemenangan
- 4Prediksi Skor Georgia vs Bahrain, 5 Juni 2026: Crusaders Ingin Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan
- 5Daftar 15 Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs Mozambik di Jabodetabek pada FIFA Matchday Hari Ini, Selasa 9 Juni 2026
- 6Prediksi Skor Yunani vs Italia, 8 Juni 2026: Ujian Berat Generasi Baru Azzurri
- 7Daftar 33 Lokasi Nobar Timnas Indonesia vs Oman di Jakarta dalam FIFA Matchday 2026 Hari Ini, Yuk Dukung Garuda!
- 8Prediksi Skor Slovakia vs Montenegro, 5 Juni 2026: Duel Sengit di Kosicka
- 9Ancol Sunset Sound: Cara Baru Menikmati Sunset di Jakarta Lewat Musik, Pantai, Kuliner, dan Staycation
- 10Dorong Pola Hidup Sehat dan Ekonomi Lokal, Bupati Tangerang Lepas Fun Run 5K Komunitas Wisata Kreatif 2026





